Sabtu, 06 April 2013



Recount Text : Pengertian dan Contoh




Pengertian Recount Text

Secara harfiah recount text berarti menceritakan jadi recount text merupakan sebuah teks yang menceritakan kepada pembaca mengenai sebuah cerita, aksi atau aktifitas lampau. Tujuan komunikatifnya adalah melaporkan peristiwa, kejadian atau kegiatan yang terjadi di waktu lampau dalam sebuah urutan secara kronologis untuk menghibur atau memberikan informasi kepada pembaca.

Generic Structure Recount Text

Generic structure (susunan umum) recount text ini terdiri dari:

  • Orientation tells who was involved, what happened, where the events took place, and when it happened. ("Orientation" menceritakan siapa saja yang terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana tempat peristiwa terjadi, dan kapan terjadi peristiwanya)
  • Events tell what happened and in what sequence. ("Event" menceritakan apa yang terjadi (lagi) dan menceritakan urutan ceritanya)
  • Reorientation consists of optional-closure of events/ending. ("Reorientation" berisi penutup cerita / akhir cerita)

Ciri Ciri Bahasa Recount Text
  • Menggunakan Past Tense. Misalkan we went to zoo, I was happy, etc.
  • Menggunakan Conjunction dan Time Connectives untuk mengurutkan peristiwa atau kejadian. Misalnya and, but, the, aftar that, etc.
  • Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk mengungkapkan tempat, waktu dan cara. Misalkan yesterday, at my house, slowly, etc.
  • Menggunakan Action Verbs. Misalkan went, slept, run, brought, etc.

Contoh Recount Text
My Adolescence
I had my adolescence when I was thirteen.

It started with acne that showed up on my face. It was very annoying. It lowered my self-esteem and I was embarrassed to come out of my house and play with friends.
Fortunately, my Mum gave me a good medicine. In three weeks, the acnes started to vanish although those showed some black spots in my face.

That was my bad experience with adolescence, though there were still lots of good experience too.

Analisa :

Orientation : Paragraf pertama, (I had my adolescence when I was thirteen)
Events : Paragraf kedua dan ketiga.
Reorientation : Paragraf keempat (terakhir)

Itulah sedikit informasi artikel tentang recount text dari babahe, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Recount Text : Pengertian dan Contoh Reviewed by asleho On Sabtu, 06 April 2013, at 18.35 Rating: 5
babaheSaat ini kamu sedang membaca artikel "Recount Text : Pengertian dan Contoh" Oleh Babahe pada hari Sabtu, 06 April 2013 waktu 18.35, dalam kategori . Kamu boleh menyebarluaskan artikel Recount Text : Pengertian dan Contoh ini dengan menyertakan link sumber dari blog ini. Mudah-mudahan Artikel Mengenai Recount Text : Pengertian dan Contoh yang ada di blog Babahe Sal3ho ini bisa bermanfaat bagi semuanya.